Pembangunan Kota Berdasarkan Konsep Smart City

11/22/2017

Smart City? Kota pintar kah ini? apa si kota pintar itu? Hampir seluruh kota di Indonesia tentunya akan mengembangkan kota berdasarkan konsep Smart City. Smarti City mencakup berbagai aspek, dimulai dari berbagai pembangunan diberbagai sector. Mengapa ini penting? Hal ini, dikarenakan perkembangan kota membutuhkan pembaharuan.

Pembaharuan seperti apa? Misalnya, taman bacaan. Tapi, kok yang ramainya orang jalan-jalan saja daripada singgah untuk baca. Nah, gimana ini? Terus, kemana nilai history sebuah kota itu sendiri. Oh, untuk pembangunan yang lebih baik, kenapa?. Nah, tiba-tiba hal ini tentunya menarik untuk diperhatikan, konsep seperti apa yang baik dan dibutuhkan untuk masyarakat?.

Smart City, mencakup berbagai aspek dan akan berkaitan dengan kebutuhan dan sendi-sendi yang ada di masyarakat. Kota yang baik, tentunya dimulai dari kualitas yang ada. Misalnya, untuk sektor ekonomi, sosial, history, politik. Apa yang dibutuhkan tentunya menjadi salah satu bagian dalam suatu pembaharuan. Bukan berarti tidak ada, alangkah menarik jika konsep suatu kota "smart city"  menjadi suatu contoh bagi kota-kota lainnya, dimana terdapat suatu nilai dan history suatu kota tidak hilang begitu saja.

Dengan demikian, suatu kota akan didatangi oleh setiap elemen masyarakat, baik itu lokal, nasional dan internasional, itupun jika ke kekhasan suatu kota itu masih tercipta. Jika, hanya berdasarkan suatu keinginan dan tinggal hanya jika berdasarkan konsep smart city politik, hanya dapat dinikmati dalam beberapa decade saja. Tetapi, jika berdasarkan pelestarian tentunya akan berbeda, dan hal itu tidak bisa diubah berdasarkan konsep smart city yang lain.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close