Teknologi Dan Pola Produksi Masyarakat Holtikultura

3/09/2018

Kemajuan masyarakat holtikultura sederhana ini secara signifikan terlihat dari pola teknologi dan ilmu pengetahuan yang dikuasai. Teknologi dan Ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat meramu dan berburu masih sangat sederhana. Akibatnya, kehidupan masyarakat meramu dan berburu menjadi sangat tergantung pada sumber-sumber daya yang disediakan oleh alam.

Jika dengan adanya teknologi dan pengetahuan masyarakat hanya akan mampu untuk memungut secara langsung hasil alam tanpa pengolahan dahulu. Akan tetapi, teknologi oada masyarakat holtikultura sederhana telah berkembang sedikit lebih maju, dengan ditandai adakanya metode dan peralatan sederhana yang dapat membantu manusia dalam mengolah sumber daya alam.

Tetapi, dengan adanya kemajuan yang terjadi dari pengetahuan dan teknologi maka perubahan penting pada pola produksi. Hal ini terlihat ketika perubahan Nampak pada sarana produksi makanan yang digunakan dan barang hasil produksi masyarakat holtikultura sederhana.

Apa yang dihasilkan masyarakat holtikultura sederhana akan lebih meningkat apabila dibandingkan barang-barang yang diproduksi oleh masyarakat meramu dan berburu.

Baca Juga :
~Proses Masyarakat Food Gathering Menuju Sistem Distribusi Masyarakat Holtikultura Sederhana
~Apa Yang Di Butuhkan Petani ?

Untuk tingkat produksi pun beragam, apabila pada masyarakat meramu dan berburu, barang-barang yang mereka produksi hanya terbatas pada barang-barang penting (essensial goods), untuk kehidupan mereka, seperti barang pangan. Sedangkan segi kuantitas barang hasil produksi, dengan semakin beragamnya jenis barang yang diproduksi maka jumlah (volume) barang hasil produksi pun semakin baik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close