Persepsi Sosiologi Tentang Integrasi Sosial

1/13/2018

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki paradigma ganda. Dimana implikasinya adalah ada berbagai pandangan yang berbeda dalam melihat satu kejadian atau konsep. Pandangan kaum fungsional berbeda dengan pandangan konflik. Demikian halnya dalam memandang integrasi masing-masing pendekatan melihatnya secara berbeda.


Dengan menganologikan masyarakat sebagai sebuah organisme biologis maka masyarakat diartikan sebagai suatu sistem dimana unsur-unsurnya saling terkait dalam suatu pola keteraturan tertentu (struktur) dan masing-masing unsur tersebut memiliki fungsi yang khusus bagi keberlangsungan kehidupan sistem yang bersangkutan. Herbert Spencer menegaskan bahwa semakin besar sistem tersebut maka semakin kompleks pula struktur ada didalamnya, yang ditandai dengan diferensiasi status.

Untuk memahami masyarakat maka dapat diterjemahkan  sebagai, Masyarakat suatu jaringan kelompok manusia yang bekerja sama secara terorganisasi, berdasarkan seperangkat aturan dan nilai yang dianut oleh sebagai besar anggota masyarakat tersebut. Kemudian, masyarakat merupakan sistem yang relatif bersifat stabil dan selalu mengarah pada suatu keseimbangan. Setiap unsur yang ada dalam kelompok memiliki fungsi yang berguna bagi kelangsungan hidup masyarakat yang bersangkutan. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close