Peran Teknologi, Sosial Ekonomi Digital Bagi Generasi Milenial

11/28/2017

Besarnya pengaruh dari kemajuan teknologi terhadap suatu perubahan kehidupan manusia di dunia yang mendorong proses globalisasi semakin berkembang pesat. Memiliki definisi teknologi sendiri dan hal ini meliputi beberapa parangkat seperti komputerisasi, miniaturisasi, digitalisasi, komunikasi satelit, serat optic dan internet. 

Kemudian, peristiwa yang terjadi di Negara lain dengan mudah disaksikan pada saat yang hampir bersamaan. Dalam kebudayaan dapat dikatakan hampir tidak bisa dibedakan secara tegas mana kebudayaan Nasional dengan kebudayaan asing dimana semuanya hampir menyatu.

Hal ini terus berlangsung, karena proses globalisasi pada dasarnya sudah terjadi dan akan berlangsung terus, walaupun prosesnya berbeda. Dulu proses tersebut sangat lambat, sedangkan sekarang ini sangat cepat dan di masa depan akan jauh lebih cepat. 

Perbedaan ini terutama disebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menghasilkan alat-alat komunikasi dan transportasi yang semakin canggih, aman dan murah. Jadi hal ini, bahwa kamajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan faktor pendorong atau kekuatan utama proses globalisasi ekonomi.


Dengan memahami Istilah Globalisasi untuk pertama kalinya dikenal oleh Theodore Levitte, dalam bukunya yang berjudul Globalization of Markets (1983). Sedangkan, mengenai globalisasi dan pandangan dengan hal ini, berbeda-beda. Sebagai suatu proses sosial, proses sejarah, atau proses alamiah yang membawa masayarakat, dunia menjadi semakin menyatu, mengglobal dan terikat satu dengan yang lain.

Sehingga, dapat dipahami bahwa besarnya pengaruh dari kemajuan teknologi terhadap suatu perubahan kehidupan manusia di dunia yang mendorong proses globalisasi akan semakin berkembang pesat. Dari hal tersebut, akan muncul suatu kejutan baru yang melahirkan revolusi baru.

Misalnya peran teknologi di era sekarang, tentunya akan mempengaruhi di sektor ekonomi. Dimana, dunia maju telah mengembangkan teknologi sebagai perkembangan teknologi dunia. Sehingga, target dalam mencapai hal tersebut tentunya dapat mengembangkan ekonomi di masyarakat dengan industry kreatif. 

Industri kreatif dapat memberikan efek positif dalam pendapatan Negara, dan perkembangan ekonomi diberbagai usia. Sehingga, peran generasi milenial dalam hal ini dapat menjadi pendukung dalam perluasan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dengan, perkembangan masa telah menjadi bagian dalam perkembangan ekonomi bagi Negara yang sedang berkembang, khususnya bagi Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, ketika peran diberbagai sektor tentunya harus menjadi masukan yang positif bagi masyarakat dalam menyingkapi perkembangan tren saat ini. 

Energi positif ini, telah menjadi bagian terpenting khususnya bagi generasi milenial untuk mengembangkan bakat, hobi, dan apa yang menjadi passionnya, dalam menghadapi proses perkembangan zaman, terutama zaman dimana ekonomi digital berkembang dengan sangat pesat.

Kini, generasi milenial saat ini menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan ekonomi digital, hal ini tentunya mengarah pada masa depan generasi milenial menjadi potensi pasar, serta menjawab tantangan masa depan ekonomi Indonesia. 

Pengaruh tersebut begitu besar, dikarenakan gaya hidup yang sangat dinamis, penuh dengan tuntutan serta mobilitas tinggi akan menuntun generasi milenial yang selalu membutuhkan suatu produk dan dengan suatu brand tentunya menjadi faktor pendukung dalam perkembangan ekonomi digital ini.

Hal ini tentu hampir seluruhnya akan aktif dan cendrung lebih kritis terhadap manfaat produk dan layanan yang tersedia di pasar. Karena, berdasarkan temuan dari penelitian Accenture bahwa tingginya tuntutan konsumen terkait produk dan jasa yang bersumber dari energi yang dimana produk dan jasa menjadi bagian dalam proses tertinggi dalam menentukan brand di masa mendatang.

Dengan demikian, kreatifitas generasi milenial merupakan salah satu bagian dalam proses pengembangan usaha mikro, dimana program yang telah dimajukan oleh lembaga masyarakat dan pemerintah. Oleh karena itu hal ini merupakan salah satu kemajuan dalam persoalan ekonomi yang ada di masyarakat. 

Terutama dalam menyikapi perkembangan ekonomi digital yang mengarah ke industri kreatif. Dengan menilai ide serta inovasi yang banyak tercetus dari generasi muda ini apabila di dukung dengan kemampuan penguasaan teknologi yang tinggi dan pengetahuan yang luas membuat anak muda seharusnya dapat untuk lebih berani bereksperimen dan mencoba banyak hal-hal baru guna menghasilkan inovasi dengan kemungkinan yang tidak terbatas.

Untuk itu, peran ekonomi digital bagi generasi milenial menjadi penting dalam menjawab tantangan zaman di masa depan, terutama mengenai persoalan ekonomi. Kemajuan dan perkembangan teknologi masa kini merupakan salah satu bagian persoalan yang harus digunakan dengan sebaik-baiknya. 

Sehingga, perkembangan masa saat ini merupakan moda utama dalam menyingkapi penggunaan teknologi secara efisien. Peran teknologi dalam hal ini, dapat menjadi moda utama dalam pengembangan ekonomi digital di berbagai lini. 

Dengan demikian, untuk menjawab tantangan zaman merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari teknologi itu sendiri. Maka dari itu, pengetahuan dan teknologi merupakan moda utama dalam menjawab tantangan di era sekarang yang telah memasuki suatu masa dimana hampir seluruh aspek mengarah ke perkembangan yang serba digital. 













0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close